Sabtu, 21 Mei 2011

Makalah : MANAJERIAL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA MENERAPKAN FUNGSI-FUNGSI DASAR MANAGEMENT

BAB   I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
         Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menunjang kualitas sumber daya manusia yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat,bangsa dan negara. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia seyogyanya sekolah dikelola oleh seorang pemimpin yang memiliki dasar-dasar dan syarat kepemimpinan, seperti pendapat tokoh pendidikan kita “Ki Hajar Dewantoro” sebagai berikut :  “ Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani”
Seorang pemimpin bila berada di depan maka ia akan memberi contoh tauladan kepada bawahannya, jika ia berada di tengah-tengah ia harus dapat membangkitkan,memberi semangat kepada orang-orang yang ada di sekitarnya dan jika ia berada di belakang, maka pemimpin itu harus dapat mengarahkan, mendorong/memotivasi agar orang-orang tersebut lebih maju. Seorang pemimpin harus mampu memberi contoh dan mengayomi bawahannya, memotivasi dan menggerakkan agar semua komponen yang ada dapat dan mau bekerja secara optimal sesuai dengan uraian tugas yang telah diberikan dan melaksanakannya dengan ikhlas  serta penuh tanggung jawab untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Kepemimpinan Kepala Sekolah bersifat situasional , artinya suatu kepemimpinan dapat efektif untuk situasi tertentu dan kurang efektif untuk situasi yang lainnya. Contonya dalam suatu keadaan darurat disekolah diperlukan kepemimpinan yang  otoriter sebaliknya dalam keadaan normal kepemimpinan otoriter kurang baik. Kondisi lingkungan yang semakin komplek dan berubah dengan cepat sekarang ini , organisasi memerlukan seorang pemimpin yang selektif, yaitu pimpinan yang mampu mengarahkan dan mengembangkan aktivitas bawahan sesuai dengan fungsi dari seorang pemimpin.

1.2  Permasalahan
            Seorang pemimpin, dalam hal ini seorang Kepala Sekolah, tidak akan dapat menerapkan management sekolah dengan baik dan meningkatkan mutu pendidikan dengan hasil yang optimal tanpa ada partisipasi aktif dan kerja sama yang baik dari semua pihak baik para guru maupun seluruh staf sekolah.   Maka timbulah suatu pertanyaan  Bagaimana meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan fungsi-fungsi dasar management ?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar